Ayahnda

Ayahnda

Sabtu, 23 Mac 2013

Bumi dan Kehidupan 2


"Dia (Allah) menciptakan langit dan Bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia memasukkan malam atas siang dan memasukkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah! Dialah Yang Maha Mulia lagi Maha Pengampun."

Surah Az-Zumar ayat 5.


"Dia (Allah) menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam) kemudian darinya Dia jadikan pasangan-nya dan Dia menurunkan delapan (8) pasang haiwan ternak untukmu. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga (3) kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan. Tidak ada tuhan selain Dia; maka mengapa kamu dapat dipalingkan?"

Surah Az-Zumar ayat 6.



2 ulasan:

  1. Surat Az Zumar Ayat 6 :
    "Dia menciptakan kamu dari diri yang satu, kemudian darinya Dia jadikan pasangannya dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang memiliki kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapa kamu dapat dipalingkan?" (QS.39:6)

    Untuk kalimat "Dia menciptakan kamu dari diri yang satu, kemudian darinya Dia jadikan pasangannya dan Dia menurunkan delapan pasang hewan ternak untukmu." Ini harus dijelaskan dengan ilmu biologi kedokteran reproduksi manusia.

    Sel telur yang baru dibuahi oleh sperma akan membentuk sel tunggal ("diri yang satu") yang dalam ilmu kedokteran disebut sebagai ZIGOT. Kemudian antara 12 hingga 20 jam setelah pembuahan, zigot akan membelah menjadi dua ("Dia jadikan pasangannya"). Sambil membelah dan membelah lagi, zigot juga bergerak melintasi tuba falopi, menuju rahim. Zigot akan terus membelah membentuk bola padat sebesar ujung jarum pentul. Pada tahapan ini, ilmu kedokteran menyebutnya sebagai MORULA, yang terdiri atas 16 sel ("delapan pasang hewan ternak"), yang kemudian membelah lagi menjadi 32 sel. Istilah "hewan ternak" itu terjemahan yang tidak tepat, sebenarnya itu mengacu pada "sesuatu yang hidup dan berkembang biak".

    Interpretasi dari "Tiga kegelapan" adalah kegelapan dalam perut, kegelapan dalam rahim dan kegelapan dalam selaput yang menutup anak dalam rahim.

    "Dan perumpamaan-perumpamaan ini Kami buatkan untuk manusia; dan tiada yang memahaminya, kecuali orang yang berilmu." – (QS.29:43)

    BalasPadam
  2. Jazakallah... wahai saudara Tanpa Nama yang sebenarnya mempunyai nama...

    BalasPadam